Tugas Mata kuliah Advokasi & Alternatif Penyelesaian Sengketa : HASIL DARI NEGOSIASI ANTARA AGEN SALLY DENGAN PIHAK MANAJER LYRIC OPERA

HASIL DARI NEGOSIASI

Kesepakatan yang dihasilkan masih belum semua, sebab kedua belah pihak masih belum sependapat mengenai pengaturan biaya akomodasi terhadap Agen Sally. Tetapi masalah mengenai pembayaran terhadap pementasan yang akan dilakukan oleh Sally Swansong sudah beres.

Pada mulanya, Manajer Lyric Opera menawarkan uang sebesar $ 24.000 kepada Sally Swansong jika ia dapat tampil pada pementasan pagelaran Bellini Norma, tetapi Agen Sally tidak mau dengan harga seperti itu dengan alasan bahwa tahun lalu saja seorang pemeran utama dibayar sebesar $ 25.000. Sedangkan Manajer Lyric Opera berpendapat bahwa harga sebesar $ 24.000 itu sudah pantas mengingat bahwa Sally Swansong sudah cukup tua untuk dapat tampil dalam pementasan. Kemudian Agen Sally beralasan bahwa soal masalah tua dapat ditutupi dengan alat-alat kosmetika sehingga kesan tua yang melekat pada diri Sally Swansong dapat dihilangkan.

Sebenarnya dengan alasan bahwa tahun lalu seorang pemeran utama dibayar $ 25.000 sudah membuat Manajer Lyric Opera kehilangan alasan untuk tetap mempertahankan harga itu, apalagi ditambah dengan alasan bahwa masalah tua dapat ditutupi dengan alat-alat kosmetika.

Dengan alasan-alasan yang dikemukakan oleh Agen Sally kemudian Manajer Lyric Opera membuat suatu alasan bahwa Lyric Opera sedang ada masalah keuangan, tetapi agen Sally tidak mau tahu karena mereka menganggap bahwa hal itu adalah masalah intern perusahaan dan tidak ada sangkut-pautnya dengan kontrak yang akan disepakati. Karena sudah merasa kalah dalam pembicaraan, maka Manajer Lyric Opera menawarkan kepada Agen Sally untuk menyebutkan biaya yang pantas untuk penampilan Sally Swansong di pentas. Kemudian Agen Sally menyebut bahwa $ 30.000 adalah pantas untuk Sally Swansong mengingat dia sudah sangat berpengalaman di bidang tarik suara. Tetapi hal itu langsung ditolak oleh Manajer Lyric Opera  karena menganggap bahwa biaya tersebut terlalu besar bagi Sally yang puncak karirnya mulai meredup.

Negosiasi mulai memanas karena masing-masing pihak sama-sama tidak mau kalah. Kemudian karena Manajer Lyric Opera kelihatan tidak mau kehilangan penawaran ini, maka Manajer Lyric Opera langsung menawarkan harga $ 25.000 untuk penampilan Sally di atas pentas, sehingga harganya naik dari $ 24.000 menjadi $ 25.000. Kemudian Agen Sally mulai berpikir terhadap penawaran yang diajukan Manajer Lyric Opera. Karena kelihatan kurang setuju, maka Agen Sally mengajukan usul bahwa mereka setuju jika bayaran $ 28.000, dan mereka juga menambahkan bahwa jika ternyata penjualan karcis mencapai hasil yang besar, maka keuntungan dibagi rata. Dengan usul ini, maka Manajer Lyric Opera tidak setuju karena mereka menganggap bahwa $ 25.000 untuk Sally sudah cukup besar, apalagi ditambah usulan yang menyatakan bahwa hasil dari penjualan karcis dibagi rata. Kemudian karena Manajer Lyric Opera kelihatan sudah mulai kesal, maka mereka berkata bahwa sebenarnya pihak Lyric Opera sudah memiliki penyanyi cadangan yang meskipun belum terkenal, tetapi memiliki kualitas suara yang cukup bagus. Mendengar hal ini Agen Sally kelihatan cemas karena takut kehilangan kontrak ini. Kemudian Agen Sally menurunkan harga menjadi $ 26.000.

Untuk dapat menekan Manajer Lyric Opera, Agen Sally mengemukakan alasan bahwa mereka sudah mau mengalah dengan menurunkan harga jual Sally dari $ 30.000 menjadi $ 26.000 dan sebenarnya itu sudah cukup berat bagi mereka. Mendengar alasan yang dikemukakan oleh Agen Sally dan juga mengingat bahwa waktu pementasan tinggal beberapa Minggu lagi, maka Manajer Lyric Opera menyetujui untuk memberi bayaran kepada Sally Swansong sebesar $ 26.000 dengan catatan bahwa seluruh biaya akomodasi untuk Sally Swansong dan para krunya tidak ditanggung oleh pihak Lyric Opera. Mendengar hal ini, langsung saja Agen Sally tidak setuju dengan alasan bahwa harga $ 26.000 kemudian seluruh biaya akomodasi ditanggung sendiri sama saja dengan merugi, karena Agen Sally menganggap bahwa hal itu sama dengan memberi bayaran kepada Sally Swansong sebesar $ 24.000 dan seluruh biaya akomodasi ditanggung oleh pihak Lyric Opera.

Karena keterbatasan waktu, maka negosiasi ini berakhir di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

css.php
Skip to toolbar